Jumat, 04 April 2008

AKTIFKAN BEBAN LISTRIK DENGAN REMOTE

Untuk bisa mematikan beban listrik seperti LAMPU anda sekarang tidak akan kesulitan dan kerepotan lagi untuk berjalan menuju saklar lampu tapi kini anda tinggal pencet remote yang ada di rumah anda maka lampu akan menyala, kok bisa.... bisa aja!
Saklar lampu yang akan dinyalakan lewat remote di tambah dengan rangkaian di bawah ini. Maka lampu akan menyala dan mati kalau anda menekan tombol pada remote.
Sistem Kerja Rangkaian


Dioda 1 berupa fotodioda (infrared) yang dibias terbalik yang bertujuan agar didapat respon yang linier.
Semakin tinggi bias terbalik pada D1 yaitu dengan jalan memperkecil nilai R5 akan membuat rendah kapasitas D1 yang berarti memperbesar kepekaannya pada frekuensi yang lebih tinggi.
D1 berfungsi menerima rentetan pulsa (pulsa train) dari remote controller pancar dan sekaligus berfungsi sebagai tranduser .
Output dari fotodioda IR dikuatkan oleh Opamp. U3a . Penguatan (gain factor ) dari opamp ditentukan oleh R4 – R6, opamp U3a juga dilengkapi dengan high pass filter (HPF)yang berfungsi untuk memperbaiki S/N(signal to noise ratio ) dari sinyal IR yang diterima .
Frekuensi kritis dari filter ini ditentukan oleh R4 – C4. Output dari opamp U3a dikalikan 2x oleh pengganda tegangan (voltage doubler) yang terdiri atas C3 , D3 C1.
Selama rentetan pulsa diterima dari remote controller pancar maka tegangan pada kondensator C1 naik secara perlahan sampai dilewatinya ambang 0,6 V peralihan emitor – basis Q2.
Pada saat ini Q2 mulai menghantar dan menyulut multivibrator monostabil yang dibentuk oleh IC NE555, output NE555 akan menyulut JK flip flop 4027 pada tebing positifnya. JK flip flop 4027 dikonfigurasikan dengan input J=1 dan K=1 berarti bahwa flip flop akan toggle pada tepi positif dari sinyal sulut berikutnya (toggle berarti beralih pada keadaan yang berlawanan )
Jadi jika diterima rentetan pulsa pertama 4027 akan tersulut da output Q = 1 (set) dan jika kemudian diterima lagi rentetan pulsa maka output Q akan beralih kepada keadaan berlawanan yaitu Q=0 dan seterusnya . hal ini berarti 4027 dapat dianalogikan sebagai saklar ON/OFF.
Output 4027 dihubungkan dengan relay dimana relay berfungsi sebagai saklar yang menghubungan antara beban dengan sumber tegangan untuk memperbesar arus output dari 4027 agar dapat menggerakkan relay ditambahkan transistor Q1.
Rangkaian ini disupply tegangan sebesar 9Volt.

Cara kerja rangkaian regulator tegangan
Tegangan 220Volt PLN akan diturunkan dengan travo stepdown sehingga tegangannya menjadi 10 volt AC.Supaya dapat digunakann rangkaian sensor infra red maka tegangan tegangan 10Volt AC disearahkan dengan dioda kuprok 1A sehingga tegangan yang keluar menjadi 10 Volt DC dan dari tegangan 10 Volt DC dihubungkan lagi dengan IC 7809 agar tegangan keluarannya stabil 9 Volt DC.Elco sesudah IC 7809 digunakan untuk penstabil jika ada tegangan turun dari PLN

Uji coba
Hidupkan rangkaian, arahkan remote controller pancar secara garis lurus dengan dioda IR tekan sembarang tombol dari remote controller pancar sesaat dan lepaskan, maka relay akan aktif dan led hijau akan menyala, ulangi sekali lagi maka relay akan off dan led hijau akan padam.
Baca selengkapnya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar